Monday 29 April 2013

WEB SCIENCE

Pengertian
Web science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi web. Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link. Science adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat untuk memberi informasi yang akurat.
 Web science sendiri muncul karena adanya penelitian yang dilakukan Web yang muncul melalui desentralisasi sistem Informasi. Ilmu ini sudah ada sejak tahun 1990 yang di buat secara team yang diberi nama berners-lee. Pada jaman tersebut dikenalkan pertama kali yaitu web 1.0 yang masih bersifat read-only, kemudian dilanjutkan dengan generasi web 2.0 yang sifatnya bisa menulis dan membaca (read-write), sedangkan pada generasi web 3.0 itu hanya untuk mengembangkan hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan mesin, dan mesin dengan mesin.
  Sebelum terbentuknya web, banyak media yang berfungsi untuk mengakses informasi yang berada diluar area. Salah satunya adalah GROPHER. Gropher sendiri adalah sistem pengambilan informasi yang digunakan pada awal tahun 1990 untuk mengirim menu link ke file-file, sumber daya komputer dan menu lainnya. Menu-menu ini dapat melewati batasan-batasan komputer dan memanfaatkan internet untuk pengumpulan menu dari sistem-sistem lainnya. Sehingga sangat populer dikalangan universitas yang ingin menyediakan informasi dikampus dan perusahaan yang ingin menyentralisasikan penanganan dan penyimpanan dokumen. GROPHER tidak bisa tekenal karena adanya pengumuman bahwa akan ada biaya lisensi untuk pemakaian referensi terapan dari server Gopher. Akibatnya, banyak perusahaan yang mulai mencari alternatif lain.
SEJARAH

Pada Bulan Maret 1989 seorang karyaawan Lab fisika partikel Eropa di Genewa Swiss atau yang lebih dikenal CERN (Consei European pour la Recherce Nuclaire) Tim Berner-Lee mengajukan suatu sistem protokol distribusi, yaitu tata cara berkomunikasi dengan internet yang digunakan untuk berbagi informasi diantara para fisikawan. Selanjutnya protokol ini dikenal sebagai protokol world wide web dan dikembangkan oleh W3C.

Kelahiran Web sience juga dikarenakan oleh pergerakan generasi Web dari web 1.0 ke web 3.0 perkembangan web yang terjadi luar biasa. Perbedaan utama dari setiap generasi adalah pada masa mula adanya web masih bersifat read-only, pada web 2.0 bergerak ke arah read-write, sedangkan pada web 3.0 mengembangkan hubungan dengan manusia ke manusia, manusia ke mesin dan mesin ke mesin.
 -> Aplikasi yang digunakan pada web science
• Mozilla
• Mozilla Firefox (sebelumnya bernama Firebird dan Phoenix)
• CometBird
• Epiphany, browser default GNOME saat ini
• Camino untuk Mac OS X (sebelumnya bernama Chimera)
• K-Meleon untuk Windows
• Kazehakase browser web GTK2 yang sangat ringan untuk GNU/Linux
• Beonex Communicator
• Browser Web IBM untuk OS/2
• Aphrodite
• Salamander
• Skipstone
• BackArrow (berbasis Skipstone)
 
MACAM - MACAM WEB SERVER

1. Apache Web server- the HTTP web server
2. Apache Tomcat
3. Microsoft Windows server 2003 Internet Information Service (IIS)
4. Light HTTP
5. Jigsaw
6. Sun java system web server
7. Xitami web server
8. Zerus web server
MACAM - MACAM WEB

Secara umum website terdiri dari dua macam :

1. Web Statik
adalah salah satu bentuk website yang isi didalamnya tidak perlu di update secara berkala dan biasanya di maintenance secara manual.
2. Web Dinamis
adalah website yang dierbarui secara berkala, informasi didalamnya berubah atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan berbagai macam cara atau metode bisa juga dengan berinteraksi langsung menggunakan form dan pergerakan mouse.
macam-macam web browser :
1. Mozilla Firefox
2. Internet Explorer
3. Flock
4. K-meleon
5. Camino

No comments:

Post a Comment