Sabtu, 29 Oktober 2011

Pemuda Hari Ini Adalah Pemimpin Hari Esok ..


Assalamualaikum..
Kembali jari ini bergerak serta kepala ini berfikir untuk menuangkan sebuah Tulisan untuk memenuhi tugas sebagai Mahasiswa..Selamat Membaca

Sosialisasi dapat diartikan sebagai proses belajar yang dilakukan seseorang untuk bertingkah  laku berdasarkan patokan yang terdapat dimasyarakat.semua orang harus melakukan suatu proses tersebut termasuk PEMUDA .Pemuda merupakan  generasi penerus bangsa, penerus dalam sebuah keluarga dan dalam suatu lingkungan masyarakat, betapa pentingnya peran pemuda dalam membangun bangsa ini. melalui proses sosialisasi inilah seorang pemuda dapat mengadopsi kebiasaan, sikap orang lain kemudian seseorang mempercayai dan mengakui sebagai milik pribadi. Karena seorang pemuda merupakan orang orang yang akan meneruskan perjuangan pemuda/orang orang sebelumnya untuk membangun bangsa ini.selain itu untuk melangsungkan kehidupannya kelak di tengah –tengah masyarakat  tempat dia menjadi salah satu anggotanya dan dapat mengetahui nilai-nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat karena setiap masyarakat memiliki sistem tata nilai yang berbeda-beda, oleh sebab itu bagi seorang pemuda yang baru memasuki lingkungan sosial perlu mengetahui sistem tata kelakuan, peradaban, tata nilai, serta adat istiadat yang berlaku di lingkungan masyarakat. selain itu pemuda harus bisa menempatkan dirinya pada posisis masyarakat secara luas. dengan kata lain,seorang pemuda harus menyadari pentingnya peraturan, kemampuan, bekerja sama, bahkan dengan orang yang tidak dikenalnya.

Sosialisasi pemuda dapat dilakukan dalam kehudupan nyata,meliputi ;
Ø  Lingkungan keluarga
Ø  Lingkungan sekolah
Ø  Lingkungan masyarakat

Tiga hal tersebut sangat berpengaruh besar dalam sosialisasi pemuda dalam kehidupannya. Perihalnya  keluarga merupakan pembentuk kepribadian awal yang paling dominan. Lembaga sekolah sebagai media pengembangan dan pembinaan dalam pengajaran menuju hal yang lebih baik lagi dalam bidang pendidikan, sosial, dan lain-lain. Sedangkan lingkungan masyarakat tempat untuk mengekspresikan dan mengeluarkan aspirasi-aspirasi pemuda dalam segala bidang dan lingkungan masyarakat sangat berpengaruh karena lingkungan tersebut  menjadi tempat yang paling dominan dalam mengekspresikan aspek-aspek sosial dan aspirasi aspirasi pemuda.
Misalnya saja dalam hal ini adalah kehadiran organisasi-Organisasi kepemudaan, kita ambil contoh saja Karang Taruna. Karang Taruna Merupakan Organisasi Pemuda yang telah resmi dari negara, kegiatan Karang Taruna pun meliputi kesejahteraan masyarakat serta sarana pembelajaran bagi pemuda dalam hal Berorganisasi.

Seperti saya sendiri yang merupakan Anggota Aktif dari Karang Taruna Tingkat RW yang selalu berusaha memberikan pelayanan kepada masyarakat serta menjadi wadah terhadap pemuda di lingkungan. Misalkan saja program kerja Kami yang begitu banyak dan bermanfaat bagi masyarakat, seperti kegiatan Bakti Sosial, LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan), Pelatihan Futsal anak-anak, Bimbingan Belajar dan Lain sebagainya..Semua ini kami lakukan selain untuk mensejahterakan masyarakat tetapi bertujuan pula sebagai sarana kami untuk belajar mengatur Organisasi.    



Selain dalam dunia nyata sosialisasi dapat dilakukan melalui dunia maya. Sosialisasi pemuda dalam lingkup dunia maya meliputi internet. Kini internet sangat marak sebagai tempat untuk mengeluarkan aspirasi para pemuda yang terabaikan. Para pemuda dapat menjalin hubungan sosial dengan satu sama lain keseluruh dunia. Kecepatan akses internet inilah yang mempermudah pemuda dalam bersosialisasi. Sekarang banyak sekali jejaring sosial yang disediakan untuk mengekspresikan pemikiran dan segala hal yang berhubungan dengan sosial,jejaring sosial ini sangat membantu dalam bersosialisasi melalui media internet. Beberapa contoh jejaring sosial untuk bersosialisasi yaitu ; BLOGGER, FACEBOOK, FRIENDSTER, TWITTER, YAHOO MAIL, dan lain-lain. Jejaring sosial tersebut merupakn beberapa contoh jejaring sosial yang dapat digunakan untuk mengeluarakan aspirasi dalam dunia maya. Hal ini mempermudah dalam kegiatan sosialisasi antara pemuda satu dengan yang lain.

Namun, apabiala proses sosialisasi yang dilakukan seorang pemuda tidak sempurna dapat menimbulkan perilaku yang menyimapang. Proses sosialisasi yang tidak sempurna dapat timbul karena nilai-nilai atau norma yang dipelajari kurang dapat dipahami dalam proses sosialisasi,sehingga seorang pemuda bertindak tanpa memperhitungkan resiko. Contoh ; seorang remaja perempuan yang yang berprilaju seperti pria,karena ibunya telah meninggal dunia.

Selain itu kepribadian seorang pemuda pun diperoleh karena adanya proses sosialisasi dimana pemuda belajar dari lingkungan sosial sedikit demi sedikit. Sosialisasi berperan dalam membentuk kepribadian seorang pemuda,jika proses sosialisasi berlangsung dengan baik,maka akan baik pula kepribadian seorang pemuda,dan sebaliknya  apabiala proses sosialisasi tidak berlangsung dengan baik,maka tidak baik pula kepribadiannya. Dengan demikian proses pembentukan kepribadian dimulai dari proses sosialisasi baik di lingkungan keluarga,teman sepermainan,lingkungan kerja dan masyarakat.

Demikian ini tulisan saya dengan bantuan teman-teman dekat saya..semoga semua bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi anda..Salam Ukhuwah..by: uutheexplorer
Wassalamualaikum..

"SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA"

2 komentar: