Wednesday 30 November 2011

Masyarakat Kota dengan Masyarakat Desa

Assalamualaikum Wr.Wb.

menanggapi judul mengenai Masyrakat kota dan Masyarakt Desa.
saya ingin membahas mengenai beberapa perbedaan seperti keperibadian, Pola Fikir, Gaya hidup, tingkah laku dan lain sebagainya..
mungkin dari apa yang akan saya bahas nanti ada yang benar dan ada yang mungkin belum tepat, sebab saya tidak bisa memprediksi setiap watak seseorang.

yang pertama mungkin saya akan membahas mengenai Gaya hidup masyarakat desa dengan masyarakat kota. mungkin dari kata Gaya Hidup kita sudah dapat menarik kesimpulan bahwa memang banyak terdapat perbedaan Gaya Hidup antara masyarakat Desa dengan masyarakat kota, seperti Halnya masyarakat kota yang mungkin tidak terbiasa dengan jajanan, makanan ataupun tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat pedesaan adalah salah satunya. Seperti Halnya masyarakat Kota lebih terbiasa dengan tempat-tempat yang menurut mereka itu lebih baik..Namun sekali lagi ini tidak menentukan kalau semua Masyarakat kota berperilaku seperti itu..

kemudian dari Paradigma(Pola Pikir) dalam hal ini mungkin Masyarakat kota lebih diunggulkan, karena mungkin pergaulan mereka yang sudah terlihat lebih maju dapat membawa dampak positif untuk pola pikir mereke, contoh saja tentang pendidikan, mungkin masih banyak sekarang ini masyarakat desa yang masih kurang memperhatikan pendidikan bagi anak-anaknya, terutama perempuan,karena masih ada diantara mereka menganggap perempuan sekolah setinggi apapun nantinya tetap menjadi pengurus rumah tangga atau istilanya mengurus rumah. Padahal tidakberarti demikian. Hal ini terjadi sebab Mereka tidak mau/ belum bisa merubah pola pikir mereka agar lebih maju lagi..

Persaudaraan. dalam hal persaudaraan atau solidaritas, mungkin masyarakat desa sangat diunggulkan, karena bisa dilihat sampai sekarang masih banyak aktifitas gotong royong antar warga, peringatan hari besar ( Maulid, Isra' Mi'raj, Tahun Baru, Romadhon ) yang masih mereka laksanakan bersama dengan tetangga mereka maupun kerabat dekat mereka. Hal ini menandakan betapa tali persaudaraan masyarakat desa sangatlah kuat.
namun mungkin tidak semua seperti itu, contohnya saja masih banyak terjadi kerusuhan antar suku di Negeri Indonesia Ku ini,,
Namun Itulah yang terjai..


Dari beberapa hal yang saya sampaikan dapat ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya semua sama, hanya saja belum dapat semua disamakan, dalam arti masih memiliki kekurangan dan kelebihan..Entah apa penyebabnya..Tapi Inilah Yang Terjadi.


Wassalamualaikum Wr.Wb

No comments:

Post a Comment